Kamis, 26 Desember 2013

Ini Hijab (???)



Assalamu'alaikum,

Sebelumnya, aku mohon maaf jika nanti ada pihak yang nggak berkenan dengan sesuatu di postingan ini, entah kata-kata, kalimat, atau cara penyampaianku. Aku berusaha menyampaikan sebaik mungkin dan dengan maksud yang baik juga. Jika ada yang ingin mengkritik, kritik aja. Tapi, kritiklah dengan baik, sopan santun dan beradab :)

Sore ini, aku menemukan sebuah postingan yang menarik di internet. Postingan itu diakui ditulis oleh seseorang yang bukan pemeluk agam Islam, tapi dia memberikan kritikan terhadap Islam dengan baik. Terlepas dari perseteruan antara non-Islam dan Islam yang marak terjadi di dunia maya dengan kasar, keras dan (maaf, menurut aku) tidak beradab kata-katanya, aku menyukai kritikan dari si Fulan ini. 

Postingan Si Mbak Fulan ini mengkritik tentang pemakaian hijab di kalangan muslimah yang sekarang ini mulai menjamur. Sebentar, walaupun postingan itu adalah sebuah kritik, namun kritikan itu kritikan yang membangun. Itulah kenapa aku suka. Dalam postingannya, Mbak Fulan ini mempertanyakan dengan sopan, mengkritik dengan beradab, mencela dengan santun mengenai pemakaian hijab muslimah-muslimah yang ngaku gaul dengan berbagai model hijab.

Beberapa pertanyaan dan pernyataannya tentang "hijab gaul", aku setuju. Beberapa pertanyaan dan pernyataan itu sebenarnya bisa jadi cermin buat kita, muslimah-muslimah, untuk introspeksi diri dan memperbaiki cara berhijab kita, lebih umumnya, memperbaiki cara kita menutup aurat kita. Jadi, jangan jadikan sebagai penyulut emosi kita, apalagi merasa terintimidasi. Ambil positif dan sisi baiknya ya, Sist <3

Aku merangkum beberapa pertanyaan dan pernyataan Mbak Fulan, sesuai yang aku ingat.
Semoga bermanfaat, eh... pasti bermanfaat, tinggal kitanya yang memanfaatkan :D *PD
okay, cekidot, Sistaaa <3

1. Jilbab dengan model rambut digundukin di atas kepala, apa nyaman begitu? Bukannya itu katanya disebut sebagai berjilbab seperti ada punuk untanya?
2. Berhijab banyak model dan gaya, apalagi pernak-pernik aksesoris yang berlebihan, apa nggak ribet? Gaul iya, tapi syar'i nggak? jadi tujuan pake hijab itu ikut-ikutan tren biar dibilang gaul sekalian pamer, apa beneran mau jalanin kewajibab syariat??
3. Berhijab dengan model lilit sana-sini, apalagi make-up yang tebel. kalo dateng waktu sholat, apa nggak ribet? Kan mesti wudhu dulu?
4. Menutup aurat, tapi pake pakaian yang ketat-ketat! Jins skinny, kaus ketat, gamis tipis membentuk badan!! Percuma dong!!
5. Hijab macam-macam model, malah jadi nggak sederhana. Lagipula, kebanyakan gaya malah boros juga kan?
6. Hijab itu untuk kecantikan hati, tapi seringnya malah pada pamer kecantikan fisik dengan macam-macam model dan gaya yang jauh dari syar'i.

Well, ada pendapat Mbak Fulan yang aku nggak setuju. Mbak Fulan berpendapat bahwa sebaiknya berhijab jika memang sudah siap. Siap yang dimaksud Mbak Fulan ini, beliau analogikan dengan kesiapan seorang wanita yang akan menjadi biarawati. Seorang wanita yang akan menjadi biarawati, harus siap dengan semua konsekuensi yang harus dihadapi biarawati, yang berbeda dengan non-biarawati. Misal, kalo mau jadi biarawati, harus siap nggak akan menikah.

Yah, bisa juga sih dianalogikan, saat memutuskan berhijab, kita memang sebaiknya siap untuk berubah. Berubah menjadi pribadi muslimah yang lebih baik! Tapi, bedanya adalah kalo antara biarawati dan bukan biarawati, ada perbedaan. Biarawati harus siap nggak menikah, sedangkan yang bukan biarawati, bisa menikah. Sedangkan kita sebagai muslimah, gak ada beda!! Semua wajib berhijab, SEMUA MUSLIMAH WAJIB MENUTUP AURAT. Mau menikah kek, mau nggak kek... kaya miskin, cantik sangat cantik, dll. Wajib.

Seorang muslimah tidak harus baik sempurna dulu, baru memutuskan untuk berhijab. Ah... kata MEMUTUSKAN, seolah hijab ini TERSERAH kita? mau memutuskan pakek atau nggak, nggak masalah. Bukan, bukan begitu. Kita BUKAN memutuskan mau memakai hijab atau tidak, tapi kita muslimah memang sudah diputuskan untuk memakai hijab. Lagipula, berhijab seharusnya menjadikan pribadi muslimah menjadi lebih baik, dan muslimah sebaiknya paham kalau dia wajib berhijab ^^

Well, kita sebagai muslimah, seharusnya merenungkan hal ini ya ;)

2 komentar :